Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium dan Artinya

Keselamatan dalam bekerja adalah salah satu hal utama yang tidak boleh untuk diabaikan. Tak heran banyak orang yang menggembor-gemborkan slogan "safety first" yang artinya bahwa kita harus mengutamakan keselamatan kerja dibandingkan dengan hal lainnya.

Biasanya kita menemukan imbauan keselamat kerja di tempat-tempat yang memiliki resiko kecelakaan tinggi seperti tempat proyek, laboratorium, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, kali ini akan kita bahas mengenai arti simbol keselamatan kerja di laboratorium.

Meskipun banyak sekali jenis laboratorium mulai dari laboratorium biologi, laboratorium fisika, laboratorium kimia, laboratorium forensik, dan masih banyak lagi yang lainnya, namun mayoritas simbol-simbolnya hampir sama.


Oleh karena itu silahkan simak baik-baik info mengenai simbol keselamatan kerja yang ada di laboratorium berikut ini untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja, baik yang ringan ataupun yang fatal. Simak secara seksama ulasan berikut ini.

1. Simbol Beracun

Simbol pertama yang kerap dijumpai di laboratorium adalah simbol beracun. Simbol beracun digambarkan dengan lambang tengkorak. Biasanya simbol beracun kerap ditemukan di laboratorium kimia atau laboratorium yang berkaitan dengan obat-obatan.

2. Simbol Mudah Terbakar

Selanjutnya ada simbol mudah terbakar yang digambarkan dengan api. Simbol ini sering dijumpai di berbagai jenis laboratorium mulai dari laboratorium fisika, biologi, hingga kimia. Mengingat di laboratorium banyak terdapat bahan-bahan yang mudah terbakar.

3. Simbol Korosif

Salah satu simbol yang kerap dijumpai di laboratorium kimia adalah simbol korosif. Simbol korosif biasanya digambarkan dengan tangan yang terkena tetesan cairan. Simbol korosif ini diartikan bahwa terdapat benda yang bersifat korosif dan berbahaya jika mengenai kulit.

4. Simbol Iritasi

Selanjutnya ada simbol iritasi yang dilambangkan dengan tanda silang atau X. Simbol ini biasanya menandai suatu benda yang apabila terkena tubuh atau kulit bisa menyebabkan iritasi atau rasa tidak nyaman seperti terbakar ataupun gatal-gatal.

5. Simbol Mudah Meledak

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa di laboratorium sering dijumpai bahan-bahan yang mudah meledak. Oleh sebab itu kita sering menjumpai simbol mudah meledak. Simbol ini digambarkan dengan beberapa puing yang tercerai berai seperti setelah terkena ledakan.

6. Simbol Radioaktif

Yang terakhir adalah simbol radioaktif. Simbol ini digambarkan dengan baling-baling. Simbol ini melambangkan adanya benda-benda yang dapat memencarkan sinar radio aktif yang dapat berbahaya bagi tubuh manusia seperti uranium dan plutonium.

Dengan anda memahami berbagai macam simbol K3 atau kesehatan dan keselamatan kerja yang ada di laboratorium, diharapkan kecelakaan kerja tidak terjadi lagi, baik itu kecelakaan besar maupun kecil. Semoga info kali ini bisa bermanfaat bagi semua pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel