Prinsip Kerja Bimetal Sebagai Sensor Suhu Pada Setrika Listrik

Prinsip Kerja Bimetal Sebagai Sensor Suhu Pada Setrika Listrik - Tentu kita semua sudah sangat akrab dengan yang namanya setrika listrik bukan? Ya, setrika adalah salah satu alat elektronik rumah tangga yang keberadaannya sangat dibutuhkan. Karena setrika listrik dapat membantu kita agar pakaian menjadi rapih dan tidak kusut.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa prinsip kerja dari setrika adalah dengan menggunakan panas. Panas tersebutlah yang bisa membuat pakaian menjadi tidak kusut. Dengan begitu artinya setrika bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi panas. Perlu diketahui bahwa setiap setrika listrik tersusun atas beberap bagian.

Bagian yang pertama adalah besi dan juga elemen pemanas, pengatur panas yang dilengkapi dengan bimetal sensor suhu, serta bagian-bagian lain seperti kabel dan casing. Tentunya banyak diantara kalian yang bertanya-tanya sebenarnya bagaimana prinsip kerja bimetal pada sebuah setrika listrik? Apakah benar bimetal bekerja seperti halnya sensor suhu?


Prinsip Kerja Bimetal Pada Setrika Listrik

Jawabannya adalah sangat benar. Ya, jadi saat setrika listrik digunakan dalam elemen pemanas menghasilkan panas yang mengalir di permukaan bawah setrika, bimetal akan bekerja. Saat dalam keadaan yang sangat panas, bimetal akan mati sehingga elemen pemanas tidak akan memanas. Namun saat setrika sudah mulai dingin, bimental bekerja kembali.
Baca juga : Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air
Dengan begitu elemen mulai memaskan kembali setrika. Tujuan penggunakan bimetal sebagai sensor suhu tersebut adalah untuk menjaga suhu setrika sesuai dengan nilai yang dikehendaki. Dengan kata lain agar setrika tidak terlalu panas, dan juga tidak terlalu dingin. Untuk info lebih lengkapnya bisa perhatikan gambar di bawah ini.


Bagaimana, bisa dipahami bukan? Demikianlah ulasan singkat mengenai prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik. Semoga info tadi bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar dunia elektronika dan kelistrikan. Share info ini melalui sosial media anda atau bisa juga pencet tombol di bawah postingan ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel