Pengertian MCB, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Banyak sobat yang baru masuk ke dunia elektronika dan kelistrikan bertanya-tanya sebenarnya apa itu MCB? MCB adalah singkatan dari miniature circuit breaker atau yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti miniatur pemutus sirkuit.

MCB ini banyak digunakan pada instalasi listrik baik skala rumahan maupun skala industri. Miniature circuit breaker termasuk salah satu komponen listrik yang sangat penting bagi keselamatan kerja karena meminimalisir terjadinya kebakaran akibat korsleting listrik.

Perlu diketahui bahwa MCB merupakan komponen elektro mekanikal yang berfungsi melindungi rangkaian listrik dari arus yang berlebihan. Prinsip kerja MCB cukup sederhana, yakni hanya dengan memutus rangkaian secara otomatis ketika arus yang lewat melebihi batas yang telah ditentukan.


Tentunya perjelasan tadi sudah menjawab rasa penasaran anda bukan mengenai apa itu MCB, apa fungsi MCB, dan cara kerja MCB. Tak hanya sebagai saklar otomatis jikalau terjadi arus berlebihan, MCB juga memiliki fungsi lain.

Pada saat arus listrik dalam kondisi normal, MCB juga dapat difungsikan sebagai saklar listrik manual yang dapat digunakan untuk menyambung dan memutus aliran listrik secara manual. Tentunya anda sudah tidak asing dengan hal tersebut bukan?

Biasanya MCB listrik rumahan di letakkan di bagian depan rumah untuk mempermudah petugas PLN melakukan kontrol terhadap pemakaian listrik di rumah. Biasanya MCB listrik diletakkan jadi satu bersama dengan meteran listrik.

Cara kerja MCB sebenarnya sama seperti Fuse. Hanya saja jika Fuse apabila sudah putus tidak bisa dinyalakan kembali, namun MCB masih bisa setelah mati akibat kelebihan beban. Itulah sebab mengapa MCB banyak digunakan.

Nah, bagaimana sudah paham bukan tentang apa itu MCB? Terdapat beberapa jenis MCB yang kita kenal mulai dari MCB tipe B, MCB tipe C, dan MCB tipe D. Serta cara kerjanya bisa dibagi menjadi dua yakni berbasis panas, dan yang kedua berbasis magnet. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel