Macam Macam Alat Ukur dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Macam Macam Alat Ukur dan Fungsinya Beserta Gambarnya - Bicara soal alat ukur memang tidak akan pernah ada habisnya. Pasalnya ada banyak sekali jenis alat ukur yang ada saat ini mulai dari yang paling sederhana seperti mistar, sampai alat ukur canggih seperti anemometer. Tentunya tiap-tiap alat ukur punya fungsi masing-masing.

Beberapa diantara kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa jenis alat ukur seperti voltmeter, wattmeter, ohmmeter, dan lain-lain. Alat-alat ukur tersebut memang sangat erat kaitannya dengan dunia elektronika dan kelistrikan. Misal voltmeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tegangan listrik di suatu rangkaian.

Seiring perkembangan waktu, tentunya alat-alat tersebut semakin canggih. Buktinya saat ini ada beberapa jenis alat ukur yang digabungkan menjadi satu seperti multimeter alias avometer yang bisa kita digunakan untuk mengukur tegangan, hambatan, hingga arus listrik. Nah, kali ini kami akan mengajak anda semua membahas lebih lanjut mengenai alat ukur.


Macam Macam Alat Ukur dan Fungsinya

1. Mistar
Mistar alias penggaris merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur panjang, lebar, maupun tinggi. Alat ukur yang satu ini punya ketelitian mencapai 0,5 mm. Alat ukur ini bisa dibilang sangat sederhana dan mudah dijumpai di mana saja.

2. Ampere Meter
Selanjutnya ada alat ukur yang bernama ampere meter. Dari namanya saja kita sudah menebak bahwa alat ini digunakan untuk mengukur arus listrik. Biasanya alat ini kerap dijumpai satu paket dengan alat ukur lainnya pada multimeter atau avometer.

3. Volt Meter
Hampir sama seperti dengan alat ukur sebelumnya, ada alat ukur yang berhubungan dengan kelistrikan. Alat ukur yang dimaksud adalah volt meter. Alat ukur tersebut digunakan untuk mengukur tegangan listrik dalam sebuah rangkaian.

4. Ohm Meter
Selanjutnya ada alat ukur yang bernama Ohm meter. Alat ukur yang satu ini digunakan untuk mengukur hambatan listrik. Satuannya tak lain adalah ohm. Alat ini juga kerap dijumpai satu paket pada sebuah multimeter atau avometer.

5. Mikrometer Sekrup
Sebagian dari anda tentu sudah tidak asing lagi dengan mikrometer sekrup. Ya, alat ini digunakan untuk mengukur ketebalan dan diameter benda. Kelebihan dari alat ini adalah memiliki skala ketelitian lebih besar dibanding mistar.
Baca juga : Cara Membuat Setrum Ikan Dari CDI Motor
6. Jangka Sorong
Selanjutnya ada alat ukur yang bernama jangka sorong. Alat yang satu ini punya fungsi yang sama seperti mistar. Namun dia punya ketelitian mencapai 0,1 mm. Alat ini juga bisa digunakan untuk mengukur diameter lubang suatu benda.

7. Thermometer
Beberapa dari anda mungkin sudah akrab dengan yang namanya thermometer. Alat yang satu ini digunakan untuk mengukur suhu dengan satuan derajat celcius. Alat ini bisa digunakan untuk mengukur suhu badan maupun suhu air.

8. Stopwatch
Setelah itu ada alat ukur yang bernama stopwatch. Alat ukur yang satu ini digunakan untuk mengukur lama waktu. Satuan yang digunakan adalah detik atau second. Biasanya alat ini digunakan untuk aktivitas olahraga seperti mengukur kecepatan lari seseorang.

9. Barometer
Barometer adalah alat ukur yang digunakan untuk mengetahui berapa nilai tekanan suatu udara. Satuan nilai dari barometer ini adalah Mb. Barometer kerap diaplikasikan pada alat untuk menambah udara bada ban ataupun balon.

10. Speedometer
Selanjutnya ada alat ukur yang bernama speedometer. Alat ukur yang satu ini digunakan untuk mengukur kecepatan. Biasanya alat ukur ini terpasang pada kendaraan bermotor baik itu sepeda motor ataupun mobil. Satuannya adalah km/j.
Baca juga : Cara Membuat AC Dari Kipas Angin
11. Ombrometer
Ombrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur curah hujan di suatu lokasi. Biasanya alat ukur yang satu ini dipasang pada tempat yang terbuka seperti taman ataupun lapangan. Ombrometer memiliki bentuk yang cukup besar.

12. Echosounder
Ada alat ukur yang bisa digunakan untuk mengukur kedalaman air. Alat ukur yang kami maksud tak lain adalah echosounder. Alat ukur yang satu ini biasanya terpasang pada kapal selam yang menggunakan prinsip kerja pantulan suara.

13. Antique Caliper
Selanjutnya ada alat ukur uni yang bernama antique caliper. Alat yang satu ini digunakan untuk mengukur diameter benda. Alat ini sudah ada sejak jaman dulu dan menggunakan sistem capit dalam pengukurannya.

14. Luxmeter
Berikutnya ada alat ukur yang bernama luxmeter. Alat ukur yang satu ini digunakan untuk mengukur intensitas cahaya di suatu ruangan. Cara kerja alat ini adalah dengan memanfaatkan komponen sensor cahaya yang ada di dalamnya.

15. Meteran Pita
Selanjutnya ada alat ukur yang bernama meteran pita. Alat ini digunakan untuk mengukur panjang atau lebar benda-benda yang punya bentuk fleksibel seperti tali maupun kain. Meteran ini punya bentuk dan warna yang bervariasi.
Baca juga : Cara Memasang Antena TV Indoor
16. Anemometer
Tak hanya itu saja, ada juga alat ukur yang bernama anemometer. Alat ukur yang satu ini digunakan untuk mengukur kecepatan angin. Biasanya alat ukur ini digunakan oleh BMKG untuk mengukur kecepatan angin di suatu daerah.

17. Altimeter
Altimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketinggian suatu titik permukaan air laut. Alat yang satu ini biasanya digunakan di dunia kemaritiman. Tak jarang pula alat ini digunakan untuk navigasi dan penerbangan.

18. Densimeter
Selanjutnya ada alat ukur yang bernama densimeter. Alat ukur yang satu ini digunakan untuk mengetahui kerapatan suatu zat. Densimeter banyak digunakan untuk eksperimen berbagai macam zat kimia di laboratorium.

19. Manometer
Manometer adalah alat ukur yang digunakan untuk mengetahui nilai tekanan udara di ruang tertutup. Alat ukur yang satu ini memang jarang dijumpai di tempat umur karena yang menggunakannya hanya beberapa kalangan saja.

20. Hygrometer
Satu lagi jenis alat ukur yang harus anda ketahui yani hygrometer. Alat yang satu ini digunakan untuk mengukur kelembaban suatu tempat. Cara menggunakannya tinggal diletakkan di suatu tempat saja untuk mengukur tingkat kelembabannya.

Berikut kami bagikan info lengkap mengenai beberapa jenis alat ukur yang banyak digunakan saat ini lengkap beserta fungsi dan gambarnya. Jika anda penasaran, tak usah banyak basa-basi langsung saja simak dengan seksama ulasan yang kami bagikan berikut ini. Jangan sampai salah karena tiap alat ukur punya nama yang hampir sama.

Oke, itulah tadi beberapa informasi mengenai macam macam alat ukur dan fungsinya beserta gambarnya. Semoga info yang kami bagikan tadi bisa bermanfaat bagi seluruh pembaca guna menambah khasanah pengetahuan di bidang elektronika dan kelistrikan. Jangan share info ini ke teman-teman anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel