Cara Membuat AC dari Kipas Angin, Es, dan Botol Bekas

Cara Membuat AC dari Kipas Angin, Es, dan Botol Bekas - Cuaca di Indonesia utamanya di kota-kota besar yang selalu panas membuat banyak orang merasa tidak nyaman. Akhirnya mereka memutuskan untuk menggunakan air conditioner alias AC.

Sayangnya tak semua orang mampu membeli AC mengingat harganya yang relatif mahal. Sebagai alternatif AC, biasanya masyarakat memilih menggunakan kipas angin yang harganya lebih murah. Selain itu konsumsi listrik kipas angin juga lebih rendah ketimbang AC.

Konsekuensinya adalah udara yang dihasilkan kipas angin tidak bisa sedingin AC. Wajar memang karena sistem kipas angin sangat sederhana, tak seperti AC yang menggunakan kompresor dan juga freon untuk mendinginkan suhu ruangan.


Cara Membuat AC dari Kipas Angin


Buat anda yang masih belum mampu membeli AC tidak perlu kawatir karena kita bisa membuat AC sendiri dari kipas angin. Ya, mungkin banyak diantara anda yang belum tahu bahwa kita bisa memodifikasi kipas angin sehingga bisa menghasilkan udara sedingin AC.

Kita hanya perlu memanfaatkan kipas angin serta botol bekas yang tidak terpakai untuk menghasilkan udara dingin yang membuat ruangan jadi nyaman dan tidak panas lagi. Masih bingung bagaimana cara membuat serta prinsip kerjanya?

Tak usah kawatir berikut kami bagikan ulasan mengenai bagaimana cara membuat AC dari kipas angin, botol bekas, dan es batu. Jika anda penasaran dan ingin mengetahuinya, langsung saja simak baik-baik ulasan berikut.
Baca juga : Cara Membuat Setrum Ikan dengan CDI Motor
Alat dan Bahan yang Dibutuhkan :

  • Kipas angin ukuran besar atau sedang
  • 2 buah botol bekas ukuran 1 sampai 2 liter
  • Tali rafia atau kawat secukupnya
  • Solder, cutter dan gunting
  • Es batu secukupnya
Setelah semua alat dan bahan sudah siap, anda bisa langsung membuat AC dari kipas angin sederhana sendiri. Jika anda masih bingung bagaimana cara membuatnya, silahkan simak tutorial step by step berikut ini.
  1. Pertama-tama potong bagian bawah botol menggunakan cutter atau gunting
  2. Lubangi seluruh permukaan samping botol menggunaan solder
  3. Ikat botol di bagian belakang kipas angin menggunakan kawat atau rafia
  4. Masukkan es batu ke dalam 2 botol yang sudah diikat pada kipas
  5. Nyalakan kipasnya dan rasakan dinginnya
Sangat mudah bukan? Jadi saat kipas dinyalakan, udara dingin yang dihasilkan es dalam botol akan dihisap oleh bagian belakang kipas dan disemburkan di bagian depan kipas. Dengan begitu udara kipas angin jadi dingin seperti AC.

Nah, itulah tadi ulasan singkat mengenai cara membuat AC dari kipas angin, botol bekas, dan es batu mudah dan sederhana. Semoga info yang kami bagikan tadi bisa bermanfaat bagi anda semua para pecinta dunia elektronika.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel