Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar - Semua orang tentu sudah tahu bahwa mesin cuci termasuk salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang mudah rusak. Pasalnya mesin cuci digunakan untuk kegiatan mencuci setiap hari.

Terkadang malah beberapa orang menggunakan mesin cuci lebih dari satu kali dalam sehari. Ada banyak sekali jenis mesin cuci yang bisa kita jumpai di pasaran, mulai dari mesin cuci satu tabung dan mesin cuci 2 tabung. Selain itu juga ada mesin cuci front loading dan top loading.

Merknya pun juga sangat bermacam-macam mulai dari Sanyo, Samsung, LG, Polytron, Akari, Panasonic, Sharp, Sanken, dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing-masing brand punya fitur dan kelebihan yang diandalkan serta kekurangan.


Servis Pengering Mesin Cuci 1 Tabung / 2 Tabung


Yang perlu anda tahu bahwa semua jenis mesin cuci baik yang 1 tabung maupun 2 tabung, baik yang front loading maupun top loading, baik merk Sanyo, Samsung, LG, Polytron, Akari, Panasonic, Sharp, ataupun Sanken pasti dilengkapi dengan fitur pengering.

Prinsip kerja pengering dalam mesin cuci adalah dengan memanfaatkan putaran motor. Jika motor sudah lemah, tentu pengering mesin cuci jadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Oleh sebab itu kita harus memperbaikinya agar bisa berjalan normal.

Permasalahan lain yang biasanya dialami oleh pengering mesin cuci ialah macet, berdengung, dan berputar pelan. Nah, berikut kami bagikan ulasan lengkap mengenai cara memperbaiki pengering mesin otomatis tidak berputar dengan mudah.

1. Periksa Kabel dan Tegangan

Langkah pertama yang harus anda lakukan saat pengering mesin cuci rusak dan tidak mau berputar adalah memeriksa tegangannya. Anda bisa menggunakan multimeter untuk memeriksa apakah tegangan pada mesin cuci normal atau tidak.

Jika tidak ada tegangan yang diterima oleh motor mesin cuci, kemungkinan besar ada kabel yang putus. Biasanya penyebab kabel putus adalah karena dimakan tikus. Oleh sebab itu silahkan cari bagian mana kabel yang putus dan sambung kabel tersebut.

2. Tali Rem Pengering Putus / Tersangkut

Permasalahan kedua yang menyebabkan pengering mesin cuci tidak bisa berputar ialah karena tali remnya putus. Oleh sebab itu silahkan periksa tali rem pengering mesin cuci dengan cara menarik seling kawatnya.

Jika kawat tersebut lepas, berarti anda harus menggantinya dengan kawat yang baru. Namun jika anda bisa menarik kawat seling tersebut dan motor bisa berputar dengan lancar, berarti tali rem hanya nyangkut dan tidak perlu diganti.
Baca juga : Cara Memasang Antena TV Indoor
3. Kapasitor Rusak

Penyebab ketiga mengapa pengering mesin cuci tidak bisa berputar ialah karena kapasitornya rusak. Biasanya jika kapasitor mesin cuci telah rusak bisa dikenal dengan tanda macet, berdengung, dan berputar pelan.

Jika hal tersebut terjadi pada mesin cuci anda, silahkan ganti dengan kapasitor yang baru. Pastikan anda mengganti kapasitor dengan nilai yang sama seperti kapasitor sebelumnya. Berikut info mengenai harga kapasitor mesin cuci.

4. Motor Terbakar

Apabila semua langkah di atas sudah anda lakukan namun pengering mesin cuci masih saja tidak mau berputar. Kemungkinan besar kerusakan terjadi pada motor. Biasanya motor mesin cuci terbakar akibat hal-hal tertentu seperti tegangan tidak stabil ada ada komponen dalam yang rusak.

Jika motor rusak, maka anda harus mengganti dengan motor baru atau menservisnya ke tempat orang yang bisa mereparasi motor listrik. Nah, itulah tadi info singkat mengenai cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak berputar semua merk dengan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel